pendidikan

7 Prinsip Pembelajaran yang Baik

7 Prinsip Pembelajaran yang Baik

Oleh Mohammad Affan Basyaib, B.Ed

(Master Student Educational Management King Saud University)

Menarik dalam sebuah paper yg saya baca hari ini ditulis oleh Arthur W. Chickering (Professor of Higher Education at Memphis State University) dan Zelda F. Gamson (University of Massachusetts-Boston US) menjelaskan tentang 7 prinsip praktik dan konsep pembelajaran yang baik dimana dapat dijadikan panduan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran baik bagi guru, siswa, kepala sekolah, dosen dan pihak lain yang memiliki fokus dan perhatian terhadap dunia pendidikan.

7 prinsip tersebut adalah :

1. Frekuensi kontak antara guru dan siswa baik di dalam kelas atau di luar kelas merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

2. Upaya meningkatkan belajar siswa lebih baik dilakukan secara tim dibandingkan melalui solo race (perpacuan individu). Kolaboratif dan sosial bukan kompetitif nan terisolasi.

3. Belajar bukanlah seperti sedang menonton pertunjukan film. Tidak hanya sekedar duduk mendengarkan guru menjelaskan pelajaran, namun mereka harus aktif (Encourages Active Learning). (Disinilah saya memandang pentingnya belajar tidak sekedar menghafal dan mendengarkan saja namun diperlukan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis).

4. Siswa butuh umpan balik (feedback) yang tepat dan memadai atas apa yang telah dipelajari sehingga bisa mengambil manfaat dari apa yang dipelajari.

5. Memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan waktu yg efektif (time management).

6. Berharap lebih dan anda akan dapat sesuatu lebih. Bercita-cita tinggi agar selalu berprestasi.

7. Ada banyak jalan untuk belajar. Para siswa datang dengan membawa bakat dan gaya belajar yg berbeda-beda. Dalam hal ini, siswa perlu diberi kesempatan untuk menunjukkan bakatnya dan belajar dengan cara kerja mereka masing-masing, kemudian didorong dengan cara-cara yang baru.. (respect diverse talent and ways of learning)

Guru dan siswa memegang peran penting dan tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran, tetapi mereka membutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak untuk membentuk sebuah lingkungan belajar yang kondusif bagi praktik pembelajaran yg baik.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply